Jalur masuk menuju Madinah dan Makkah saat ini semakin diperketat oleh pemerintah Arab Saudi jelang puncak haji. Hal ini mencegah masuknya warga asing yang hendak berhaji tanpa visa resmi.


Seperti yang terlihat di Madinah, polisi memeriksa seluruh bus rombongan yang siap berangkat dari Masjid Bir Ali yang menjadi tempat pelaksanaan miqat dan niat umrah di Makkah. Petugas memeriksa visa masing-masing jamaah.

Selain itu, razia juga dilakukan polisi di perbatasan Madinah-Makkah di wilayah Jumum. Mayoritas terhadap rombongan jamaah yang meluncur dari Madinah.


Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah, Ali Machzumi, membenarkan soal pemeriksaan para jamaah haji di lokasi miqat di Masjid Bir Ali.

”Dan memang itu sudah menjadi kebijakan yang ditetapkan Arab Saudi,” ujarnya kepada Media Center Haji 2024, Selasa (28/5/2024).


Dia juga membenarkan bahwa saat ini polisi setempat sedang gencar untuk memblokade para jamaah tanpa visa haji untuk masuk Makkah.

”Sekali lagi, kami mengimbau agar Warga Indonesia untuk tidak sekali-kali berhaji tanpa memakai visa haji. Mengingat risikonya yang sangat banyak,” katanya.


Menurutnya, ada banyak sanksi yang akan diberikan kepada jamaah yang tidak memakai visa haji. Salah satunya adalah potensi terkena denda hingga 10 ribu riyal atau setara Rp42 juta.

Selain itu, jamaah tanpa visa haji juga berpotensi ditahan sementara oleh polisi Arab Saudi selama musim haji berlangsung. Mereka juga akan dideportasi dan masuk daftar cekal.

”Jika terkena cekal (Razia), mereka tidak boleh masuk ke Arab Saudi minimal 10 tahun,”tutup Ali Machzumi.


Itulah pembahasan tentang keadaan menjelang puncak Haji. Pastikan pilihan travel sahabat JMW aman, nyaman dan sesuai syariah.

Semoga kita bisa segera dipanggil oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah suci ini ya. Untuk kamu yang ingin melaksanakan ibadah Haji dan Umroh bisa hubungi kami untuk pendaftaran Haji Furoda dan Umroh di Jana Madinah Wisata.

no. telpon atau whatsapp: 081374774715 atau 082311366573.

media sosial kami, Instagram : janamadinahwisata.