Pasca musim haji, salah satu yang bisa dinikmati adalah air zamzam. Biasanya para jemaah haji membawa air zamzam untuk dibagi-bagikan kepada keluarga, sahabat, maupun orang-orang yang datang menyambangi rumahnya, berharap mendapat berkah dan ketularan naik haji.

Air zamzam adalah salah satu anugerah besar dari Allah SWT yang memiliki sejarah panjang dalam Islam. Sumur zamzam terletak di dekat Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah, dan telah mengalir tanpa henti selama ribuan tahun. Kisahnya bermula dari masa Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS. Menurut riwayat, ketika Hajar, ibu Nabi Ismail, kehabisan air di tengah gurun, Allah SWT mengeluarkan air dari tanah untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Adab Minum Air Zamzam

Minum air zamzam tidak hanya sekadar melepas dahaga, tetapi juga harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan niat yang baik. Berikut beberapa adab yang dianjurkan saat minum air zamzam:

1. Membaca Bismillah:

Sebagaimana halnya dengan aktivitas lain dalam Islam, memulai dengan menyebut nama Allah (Bismillah) adalah sebuah adab yang penting.

2. Menghadap Kiblat:

Dianjurkan untuk menghadap Kiblat saat meminum air zamzam sebagai tanda penghormatan.

3. Minum dengan Tangan Kanan

Menggunakan tangan kanan adalah sunnah dalam Islam untuk semua kegiatan yang baik, termasuk makan dan minum.

4. Minum dengan Tiga Tegukan

Sunnah Rasulullah SAW adalah minum dengan tiga tegukan, yang berarti tidak meminum air sekaligus dalam satu kali tegukan.

5. Membaca Doa

Dianjurkan untuk membaca doa minum Air Zamzam sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW.


Bacaan Doa Minum Air Zamzam

Berikut adalah doa yang dianjurkan saat meminum air zamzam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَ سَقَمٍ بِرَحمَتِكَ يَا اَرحَمَ الراحِمِينَ

Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa shifaa’an min kulli daa’in wa saqamin bi rahmatika ya Arhamar Rahimin.

“Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Yang Paling Pengasih dari para pengasih.”


Khasiat Air Zamzam

Air zamzam memiliki banyak khasiat yang diyakini oleh umat Islam, baik dari segi fisik maupun spiritual. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kesehatan dan Kesembuhan

Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Air Zamzam memiliki khasiat penyembuhan dari berbagai penyakit. Rasulullah SAW sendiri pernah menggunakan air zamzam sebagai obat. Dalam sebuah hadis disebutkan,

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya: “Rasulullah SAW pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan Air Zamzam.” (H.R Al-Baihaqy).

2. Keberkahan dalam Hidup

Air zamzam dipercaya membawa keberkahan bagi siapa saja yang meminumnya dengan niat yang baik. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Ibnu Majjah dijelaskan bahwa Air Zamzam memiliki kasiat sesuai dengan niat yang dibaca peminumnya.

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya: “Air Zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya.” (HR Ibnu Majah)

3. Meningkatkan Ilmu

Doa yang dibaca saat meminum Air Zamzam (sebagaimana disebutkan di atas) mengandung permohonan untuk ilmu yang bermanfaat, yang menunjukkan bahwa air ini juga dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan dan kebijaksanaan seseorang.

4. Rezeki yang Melimpah

Dengan memohon rezeki yang luas saat minum air zamzam, umat Islam percaya bahwa air ini dapat membuka pintu-pintu rezeki yang tidak terduga.

Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Artinya: “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.” (HR Muslim).

Banyak umat Islam yang telah merasakan manfaat dari air zamzam. Mereka yang pernah menjalankan ibadah haji atau umrah biasanya membawa pulang air zamzam sebagai oleh-oleh dan untuk kebutuhan spiritual mereka. Pengalaman pribadi umat Islam terkait dengan air zamzam sering kali penuh dengan keajaiban dan keberkahan yang tidak terduga.


Air Zamzam adalah salah satu bukti kekuasaan Allah SWT yang terus mengalir hingga kini, memberikan manfaat yang tidak terhitung bagi umat Islam. Meminumnya dengan adab yang benar dan niat yang tulus, serta membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW, dapat membawa berbagai kebaikan dalam hidup kita. Dengan begitu, kita tidak hanya mendapatkan manfaat fisik tetapi juga spiritual dari air yang penuh berkah ini.


🕋 PT. Jana Madinah Wisata

“InsyaAllah Perjalanan Nyaman Sesuai Syariah”


INFO, PENDAFTARAN & KONSULTASI UMROH :


📞 0813-7477-4715 (whatsApp/call)

🌐www.janamadinahwisata.co.id

Alamat Kantor Pusat Jana Madinah Wisata : Jl. Pulo Sirih Utama No.297, RT.001/RW.015, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan. Bekasi, Jawa Barat 17147